Sabtu, 26 Desember 2015

TIPS DAN TRICK LOLOS TEST SELEKSI

   
   Saya akan memberikan beberapa tips dan trick agar lolos ujian seleksi perawat ke TimurTengah berdasarkan beberapa pengalaman yang telah saya lalui dulu.Mungkin ada sedikit perbedaan untuk test2 saat ini tapi yang jelas ada beberapa poin yang harus anda persiapkan untuk mengikuti tahapan test,biasanya terbagi dalam 2 tahap:
< WRITTEN TEST
< ORAL TEST (INTERVIEW)
    
Kita akan bahas mengenai written test dulu

    Disini anda akan menghadiri dalam suatu ruangan secara bersama-sama untuk mengikuti test tertulis,biasanya hanya 30 soal saja,,sedikit kan?hehe tapi walaupun sedikit ati2 soalnya banyak yang tak kalian dapatkan di bangku kuliah lho tapi jangan takut dulu..(tak ada orang yang sukses tanpa berani mencoba),nekat aja dulu jangan takut bayangan.
USER menerapkan  standar kelulusan test tertulis diatas 60 persen,tp itu bisa di nego oleh pihak PT konsorsium jika ternyata yang lulus cuma sedikit sih hehe..orang Arab ga saklek kok dan baek hati..
    Untuk mempersiapakannya anda harus banyak2 review soal2 yang bersumber dari NCLEX mosby,lipinncot,dll. mulai dari sekarang..Jangan nyontek jawaban sebelah anda atau depan anda ketika ujian tertulis karena pembagian soal sudah di atur dan tidak sama dengan soal milik teman sebelah anda,jangan terkecoh..mending percaya diri saja,belum tentu teman anda jawabannya benar ok..test tertulis akan menentukan nasib selanjutnya,bila lulus anda akan mengikuti test interview,bila tidak lulus persiapkan diri anda menunggu tahun mendatang bila ada recruitment lagi,jadi persiapkan betul2 kesempatan itu karena tidak setiap tahun ada user datang untuk recruitment perawat.
    
Kemudian kita bahas mengenai oral test / interview.

    Tahap interview akan dilaksanakan setelah anda dinyatakan lulus test tertulis,,bisa jadi langsung pada hari yang sama atau bahkan esok harinya apabila pesertanya banyak.
Nah test interview ini bisa cepat atau lama tergantung kandidatnya bagaimana membuat first impression ke user.Saya sarankan anda pinter2 menarik simpati user dengan mengucapan salam ketika masuk ruangan,atau paling tidak sapaan,gud morning,how are mdm/sir serta sedikit kata pembuka dengan tujuan membuat kesan bahwa anda bisa ngomong bahasa inggris dengan baik,,kenapa demikian? Karena kalau anda langsung masuk ke topik pertanyaan dan anda blocking tidak bisa menjawab,maka kesan yang anda dapatkan adalah anda tidak bisa ngomong bahasa inggris,dan anda tidak tahu tentang jawaban,nah rugi 2 kali kn kalau begini,,,ok paham? buat kesan sopan dan ramah..
    Malah banyak teman2 yang lulus walaupun jawaban salah,maka dari itu kenapa saya katakan orang arab itu baek dan gak saklek..Tapi jangan mengharapkan orang berbuat baek pada anda dulu,yang penting anda harus persiapankan diri sebaik-baiknya.
Tips yang lain adalah anda harus menyiapkan materi jauh-jauh hari sebelum mengikuti test.yaitu dengan mengkaji kualitas diri anda,maksudnya adalah anda menguasai di bidang apa ?apakah pengalaman anda di MEDICAL,SURGICAL,EMERGENCY ROOM, OPERATING ROOM,PSYCHIATRIC HOSPITAL ATAU MATERNITY/kebidanan atau ORTHOPEDIC. Karena anda nanti akan ditanya dibagian mana anda bekerja,secara otomatis anda akan ditanya seputar pengalaman anda di ruangan/bagian tersebut.
    Maka harus dikuasai benar kasus yang ada di bagian yang anda pilih tadi..
Sample saja ini contoh interview ya :
CANDIDAT : (ucapakan salam,sapaan,atau kata2 singkat.
USER           :  what is your name,where are you working,which departement
CANDIDAT:  my name is....i have been working in ....hospital at surgical orthopedic ward ato medical departement..(sesuai pilihan kemamapuan anda tadi) pilih yang memudahkanmu jangan pilih yang memancing pertanyaaan yang sekiranya anda tidak tahu .
USER          : what cases mostly happend in your departement
CANDIDAT: fracture is a common case in my ward,(nah disini anda mulai memainkan pertanyaan yang nanti jawaban sudah anda siapkan/ketahui..there are many tipe of fracture in my ward(jangan sebutkan tipe2nya dulu,biar memancing untuk ditanyakan oleh user.
Nah itu hanya sebagai contoh kecil saja,tentunya akan ada review sebelum anda mengikuti ujian user yang di selenggarakan oleh agen-agen pengirim tenaga perawat ke luar negeri. Semoga coretan ini bermanfaat salam sukses .......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar